Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Struktur Sosial - Pengertian

Definisi Struktur Sosial Menurut Para Ahli dan Secara Umum
  1. Abdul Syani: Struktur sosial adalah suatu tatanan sosial dalam kehidupan masyarakat yang merupakan jaringan dari unsur-unsur sosial yang pokok.
  2. Beattie: Struktur sosial adalah bagian-bagian atau unsur-unsur dalam masyarakat itu yang tersusun secara teratur guna membentuk suatu kesatuan yang sistematik.
  3. Borgotta: Struktur sosial merupakan lingkungan sosial bersama yang tidak dapat diubah oleh satu orang individu, yang menyediakan lingkungan untuk setiap tindakan individu di sekitarnya.
  4. Calhoun: Struktur sosial yaitu pola hubungan-hubungan, status-status serta jumlah orang yang memberikan kerangka bagi suatu organisasi manusia, baik dalam kelompok kecil ataupun dalam kelompok yang lebih luas.
  5. Coleman: Struktur Sosial adalah pola hubungan antar manusia dan antarkelompok manusia
  6. D. Hendropuspito: Struktur sosial adalah skema penempatan nilai-nilai sosio-budaya dan organ-organ masyarakat pada posisi yang dianggap sesuai, demi berfungsinya organisme masyarakat sebagai suatu keseluruhan, dan demi kepentingan masing-masing bagian untuk jangka waktu yang relatif lama.
  7. E.R. Lanch: Struktur sosial adalah cita-cita tentang distribusi kekuasaan di antara individu dan kelompok sosial.
  8. Evans-Pritchard: Struktur sosial ialah relasi-relasi yang tetap dan menyatukan kelompok-kelompok sosial pada satuan yang lebih luas.
  9. Gerhard Lensk:  Mengatakan bahwa struktur sosial masyarakat diarahkan oleh kecenderungan panjang yang menandai sejarah.
  10. George C. Homans: Mengatakan bahwa struktur sosial merupakan hal yang memiliki hubungan erat dengan perilaku sosial dasar dalam kehidupan sehari-hari.
  11. George Simmel: Struktur sosial adalah kumpulan individu serta pola perilakunya.
  12. Firth: Struktur sosial dianggap sama dengan organisasi sosial yang mengacu pada hubungan-hubungan sosial yang lebih fundamental yang memberikan bentuk dasar pada masyarakat, yang memberikan batas-batas pada aksi-aksi yang mungkin dilakukan secara organisatoris.
  13. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI): Struktur sosial konsep perumusan asas hubungan antarindividu dalam kehidupan masyarakat yang merupakan pedoman bagi tingkah laku individu
  14. Koentjaraningrat: Struktur sosial yaitu kerangka yang bisa mendeskripsikan hubungan antara berbagai elemen yang ada dalam masyarakat.
  15. Radclife-Brown: Struktur sosial adalah suatu rangkaian kompleks dari relasi-relasi sosial yang berwujud dalam suatu masyarakat. Dengan demikian, struktur sosial meliputi relasi sosial di antara para individu dan perbedaan individu dan kelas sosial menurut peranan sosial mereka.
  16. Ralph Linton: Menambahkan bahwa struktur sosial terdiri atas dua konsep penting, yaitu status atau kedudukan serta peran sosial.
  17. Raymond Flirt: Struktur sosial merupakan suatu pergaulan hidup manusia meliputi berbagai tipe kelompok yang terjadi dari banyak orang dan meliputi pula lembaga-lembaga dimana orang banyak tersebut ambil bagian.
  18. Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi: Struktur sosial merupaka keseluruhan jalinan antara unsur-unsur sosial yang pokok, yaitu kaidah-kaidah sosial (norma-norma sosial), lembaga-lembaga sosial, kelompok-kelompok sosial, serta lapisan-lapisan sosial.
  19. Soerjono Soekanto: Struktur sosial diartikan sebagai hubungan timbal balik antarposisi sosial dan antarperan.
  20. Soeleman B.Taneko: Struktur sosial adalah keseluruhan jalinan antara unsur-unsur soosial yang pokok, yaitu kaidah-kaidah sosial, lembaga-lembaga sosial, kelompok-kelompok sosial, dan lapisan-lapisan sosial.
  21. Talcot: Struktur sosial merujuk pada adanya keterkaitan antar institusi atau lembaga.
  22. William Kornblum: Struktur sosial adalah susunan yang dapat terjadi karena adanya pengulangan pola perilaku undividu.
  23. Wikipedia: Struktur sosial adalah suatu tingkatan dalam masyarakat. Salah satu jenis contoh konkrit dari struktur sosial adalah sistem kasta