Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Risiko - Pengertian

Definisi Resiko Menurut Para Ahli dan Secara Umum
  1. A. Abas Salim: Pengertian resiko adalah ketidakpastian (uncertainty) yang mungkin mengakibatkan peristiwa kerugian (loss).
  2. Adiwarman A. Karim: Resiko merupakan suatu kejadian potensial, baik yang dapat diperkirakan (anticipated)maupun yang tidak dapat diperkirakan (unanticipated) yang berdampak negatif terhadap pendapatan dan permodalan bank.
  3. Alfandi: Resiko adalah peluang dimana hasil kemungkinan nilai yang hilang atau diperoleh yang dapat diukur. Risiko berbeda dengan ketidakpastian yang tidak dapat diukur yang sesungguhya  bisa  berbeda  dengan  hasil  yang  diharapkan  atau
  4. Arthur J. Keown: Pengertian risiko adalah prospek suatu hasil yang tidak disukai (operasional sebagai deviasi standar)
  5. Arthur Williams dan Richard, M.H: Pengertian resiko adalah suatu variasi dari hasil-hasil yang dapat terjadi selama periode tertentu.
  6. Coso Erm: Pengertian resiko adalah kemungkinan terjadinya sebuah peristiwa yang dapat mempengaruhi pencapaian tujuan organisasi.
  7. Eddie cade: Menyatakan bahwa definisi risiko berbedabeda, tergantung pada tujuannya. Definisi risiko yang tepat menurutnya dilihat dari sudut pandang adalah, exposure terhadap ketidakpastian pendapatan.
  8. Ferdinand Silalahi: Pengertian risiko adalah penyimpangan hasil aktual dari hasil yang diharapkan.
  9. Griffin: Pengertian resiko adalah ketidakpastian tentang peristiwa masa depan atas hasil yang diinginkan atau tidak diinginkan
  10. Hanafi: Pengertian resiko adalah bahaya, akibat atau konsekuensi yang dapat terjadi akibat sebuah proses yang sedang berlangsung atau kejadian yang akan datang.
  11. Herman Darmawi: Resiko merupakan probabilitas suatu hasil yang berbeda dengan yang diharapkan
  12. Husen: Pengertian risiko proyek menurut Wideman dalam Husen adalah efek akumulasi dari peluang kejadian yang tidak pasti yang mempengaruhi sasaran dan tujuan proyek.
  13. Isto: Resiko merupakan bahaya yang dapat terjadi akibat sebuah proses yang sedang berlangsung atau kejadian yang akan datang.
  14. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI): Pengertian risiko adalah segala kemungkinan terjadinya peristiwa yang dapat merugikan perusahaan.
  15. Martono dan Agus Harjito: Pengertian risiko adalah penyimpangan hasil (return) yang diperoleh dari rencana hasil (return) yang diharapkan.
  16. Philip Best: Menyatakan bahwa risiko adalah kerugian secara finansial, baik secara langsung maupun tidak langsung.
  17. Prof Dr.Ir. Soemarno, M.S: Pengertian resiko adalah suatu kondisi yang timbul karena ketidakpastian dengan seluruh konsekuensi tidak menguntungkan yang mungkin terjadi.
  18. Prof. Emmy Pangaribuan Simajuntak: Resiko merupakan setiap manusia yang menghadapi kemungkinan akan kehilangan hak miliknya karena berbagai sebab.
  19. Robert E. Koeton: Resiko adalah ketidakpastian adalah sebagai suatu keadaan yang belum pasti terjadi, dan yang merupakan satu keadaan yang dihadapi oleh manusia dalam setiap kegiatannya.
  20. Robert I. Mahr dan Emerson Cammack: Bahwa pengertian risiko apabila dipergunakan secara longgar, akan berarti “ mengalami kemalangan atau kebahagiaan” 
  21. Soekarto: Risiko merupakan ketidakpastian atas terjadinya suatu peristiwa.
  22. Sr. Diacon dan RL. Carter: Mengatakan resiko itu ada setiap kali orang tidak menguasai dengan sempurna, atau mengetahui lebih dulu mengenai masa depan “
  23. Sri Redjeki Hartono: Resiko merupakan suatu ketidakpastian di masa yang akan datang tentang kerugian
  24. Subekti: Pengertian resiko adalah kewajiban memikul kerugian yang disebabkan karena suatu kejadian diluar kesalahan salah satu pihak
  25. Vaughan: Definisi risiko adalah Resiko adalah kans kerugian, berhubungan dengan suatu exposure (keterbukaan) terhadap kemungkinan kerugian
  26. Wideman: Pengertian risiko adalah ketidakpastian yang menimbulkan akibat yang merugikan.
  27. Wikipedia: Risiko adalah bahaya, akibat atau konsekuensi yang dapat terjadi akibat sebuah proses yang sedang berlangsung atau kejadian yang akan datang