Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bootloop? Apa Itu? Dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Di beberapa tutorial cara root android yang saya tampilkan di blog ini, sesekali saya menyebut kata bootloop sebagai resiko yang harus kalian hadapi kalau proses ngeroot yang sedang kalian kerjakan menemui kegagalan. Nah, semoga teman-teman yang belum paham apa itu bootloop mengerti, singkat saja saya tulis pengertian Bootloop dan cara mengatasinya.

Bootloop ialah duduk masalah yang terjadi pada sistem gadget android kalian, dimana gadget tidak sanggup melaksanakan startup sehingga tidak sanggup masuk ke hidangan home. Biasanya sebelum masuk ke hidangan Home, gadget android yang sedang mengalami bootloop akan selalu mengulang ke posisi awal dikala kita menyalakan gadget tersebut.

Panik? Jangan. Kalian tidak perlu panik sebab bootloop bahwasanya ialah duduk masalah umum yang sering terjadi di banyak sekali gadget android. Lalu, apa sih penyebab bootloop dan bagaimana cara mengatasinya? Biar makin paham, simak terus goresan pena ini.

Macam-macam Bootloop pada android:


  • Android Light Bootloop. Pernah mengalami insiden ini ngga di android kalian,sedang menginstal aplikasi,lihat file, atau lagi memakai gadget kalian dengan normal dan sedang asyik-asyiknya, tiba-tiba gadget kalian terestart dan dikala menyala kembali gadget mentok hingga di logo saja. Itulah yang disebut Android Light Bootloop, dan damai saja, inilah bootloop yang paling gampang untuk diatasi sebab kalian cukup mencabut battery dan memasangnya kembali. Lalu bagaimana kalau battery terhubung ke perangkat dengan cara disolder? Ya mau ngga mau lepas dulu timahnya. Tapi jujur saya sih malas pakai gadget yang begitu :D
  • Android Medium Bootloop terjadi sebab kita mencoba mengutak-atik android yang kita miliki. Medium bootloop masuk kedalam kerusakan tingkat menengah sebab android  masih sanggup dinyalakan, masih sanggup masuk kedalam recovery mode. Cara mengatasinya: Untuk mengatasi bootloop tingkat ini diperlukan pc windows dan file recovery image untuk restore boot image baik yang original dan juga CWM. cara tersebut sanggup dilakukan apabila sudah pernah melaksanakan backup sebelumnya, bagi yang belum melaksanakan backup maka memerlukan file recovery dari pengguna lain dengan type android yang sama.
  • Android Hard Bootloop atau sering juga disebut hardbrick (baca android bricked) ialah tingkatan bootloop yang paling berbahaya sebab kita melaksanakan modifikasi file os android sehingga tidak sanggup booting ponsel android kita dan yang muncul hanya logo android. Biasanya terjadi pada pengguna yang sudah melakukkan rooting dan melaksanakan modifikasi script contohnya mengubah font android, mengubah partisi external/micro sd, menghapus aplikasi bawaan android yang merupakan potongan system dengan aplikasi titanium backup, salah melaksanakan instal custom rom, dan lain-lain. Untuk masuk ke recovery mode tidak akan sanggup pada tingkatan hard bootloop android ibarat ini. Untuk mengatasi Android Bricked kalian perlu software yang sempurna dan cara flashing yang sempurna juga sebab setiap smartphone mempunyai jenis hardware yang berbeda-beda. cara flashing juga bergantung menurut jenis chipset yang dipakai pada Android.
Nah, semoga sedikit klarifikasi di atas sanggup kasih kasih citra buat kalian yang belum mengerti apa itu bootloop.  Maafkan kalau bahasa (baca: tulisan) saya agak sulit untuk dimengerti.

Semoga bermanfaat



Sumber http://ngeroot-android.blogspot.com/