Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ekologi - Pengertian

Definisi Ekologi Menurut Para Ahli dan Secara Umum
  1. Andrewartha: Ekologi adalah suatu ilmu yang membahas penyebaran dan juga kemelimpahan organisme.
  2. Burdon dan Sanderson: Ekologi adalah ilmu yang mempelajari relasi/ hubungan eksternal antara tanaman dan hewan satu sama lain, serta keberadaannya pada masa lampau dan saat ini. Relasi eksternal tersebut untuk membedakan dengan fisiologi (relasi internal) dan morfologi (struktur).
  3. Charles. Elton: Ekologi adalah suatu ilmu yang mengkaji sejarah alam atau juga perkehidupan alam dengan secara ilmiah.
  4. Ernst Haeckel: Pengertian ekologi adalah ilmu pengetahuan komprehensif tentang hubungan organisme terhadap lingkungan hidupnya
  5. Eugene P. Odum: Ekologi adalah suatu kajian terstruktur serta fungsi alam, tentang suatu struktur dan juga interaksi diantara sesama organisme dengan  lingkungannya.
  6. G. Tyler Miller: Definisi ekologi adalah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik antara organisme dengan organisme lain dan dengan lingkungannya.
  7. KBBI: Ekologi adalah ilmu tentang hubungan timbal balik antara makhluk hidup dan (kondisi) alam sekitarnya (lingkungannya)
  8. Krebs: Ekologi adalah suatu ilmu pengetahuan yang mengkaji suatu interaksi yang menentukan adanya penyebaran dan juga kemelimpahan organisme.
  9. Miller: Pengertian ekologi adalah suatu ilmu mengenai hubungan timbal balik diantara organisme serta sesamanya dan juga dengan lingkungannya.
  10. Otto Soemarwoto: Pengertian ekologi adalah suatu ilmu mengenai hubungan timbal balik diantara makhluk hidup dengan lingkungan sekitarnya.
  11. Resosoedarmo: Pengertian ekologi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungan.
  12. Ricklefs: Dalam buku teksnya mendefinisikan ekologi sebagai ilmu lingkungan alam, terutama mempelajari hubungan mendalam antara organisme dengan lingkungan sekitarnya
  13. Tansley: Hubungan tanaman dengan lingkungannya dan dengan tanaman lain dimana secara langsung dipengaruhi oleh perbedaan habitat diantara tanaman (struktur dan fungsi).
  14. Wikipedia: Ekologi adalah ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungannya dan yang lainnya. Berasal dari kata Yunani oikos ("habitat") dan logos ("ilmu"). Ekologi diartikan sebagai ilmu yang mempelajari baik interaksi antar makhluk hidup maupun interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya